30 January 2014

Pengertian Toys2 Nya

Di sini akan dijelaskan sedikit mengenai beberapa jenis figure Kamen Rider yang beredar di pasaran secara umum.
*yang lain juga bisa menambahkan/mengedit penjelasannya jika ada yang kurang.

=========================================================================

Secara umum figure yang beredar di pasaran sampai saat ini terbagi ke dalam beberapa kategori di bawah ini :

- SHF / Shouchaku Heroic Figuarts
Jenis ini yang cukup populer di pasaran. Poin-poin keunggulan dari jenis ini adalah detail figure serta artikulasi / persendiannya yang bagus dan cukup realistis (mendekati pergerakan persendian manusia mungkin).

Biasanya dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti armament/equipment sang tokoh atau tangan ganti yang berbeda pose (seperti mengepal,membuka,atau sedang memegang senjata).

Detail juga cukup bagus,sebagian besar dipainting hampir mendekati aslinya seperti yang ada di film.

Untuk Rider yang sama tapi berbeda form,biasanya dijual sebagai produk yang terpisah.


- SHS / Shouchaku Henshin Series
Jenis yang ini kurang lebih sama seperti SHF,cuma artikulasi dan detailnya agak di bawah SHF.
Di jenis ini figure Ridernya biasanya terpisah antara tubuh dan armor luarnya (dan terkadang ada juga parts kepala Ridernya dalam wujud manusia).
Contoh untuk SHS Den-O, tubuh dan armor dasar Plat Formnya dapat diganti2 dengan 4 Form Basicnya (Sword, Rod, Ax, Gun).


- Series [yang di dalam kurung bisa beragam tergantung series KR yang bersangkutan]
Jenis ini bisa dibilang cukup menarik meskipun tidak terlalu terkenal oleh banyak orang. Artikulasi di bawah figure seperti SHF, RAH (atau jenis figure elit lainnya) tapi masih lebih baik daripada jenis sofubi.

Detailing tidak terlalu seberapa  bagus karena figurenya juga sederhana,tapi tidak terlalu jelek juga.

Poin keunggulan dari series ini adalah beberapa fungsionalitas yang terdapat pada figure. Biasanya fungsionalitas itu berkaitan dengan beberapa aspek penting pada series KR yang bersangkutan.

Seperti :

- Final Form Ride series : Heisei Riders sebelum Decade di jenis ini dapat berubah menjadi bentuk FinalForm Ridenya seperti di series, sedangkan Decade dan Diend sendiri dapat dikombinasikan dengan beragam FinalForm Ride tersebut.

- W (Double) Form Change (WFC) series : figure KR Doublenya dapat dipisah menjadi 2 bagian (kanan dan kiri) dan bisa dikombinasikan dengan variasi warna Mix&Matchnya seperti di series.

- OOO Combo Change (OCC) series : sama seperti W Form Change,bagian2 tubuh OOOnya (kepala,tangan,dan kaki) dapat dipisah dan digabung-gabungkan dengan kombinasi parts yang lain.

- Fourze Module Change series (FMCS) : kurang lebih sama seperti SHF Fourze, cuma detail figure dan Modulenya sederhana.

- Wizard Action Pose (WAP) series : kurang lebih sama seperti lini SHF Wizard, cuma detail figure dan aksesoris seperti senjatanya sederhana.

- Gaim Arms Change (AC) series : kurang lebih sama seperti OCC< figure-figure Armored Ridernya dapat saling bertukar Lockseed Arms beserta senjatanya, tidak mesti sesuai di series (kombinasi seperti Gaim Banana Arms, Baron Melon Arms, dll) dapat dibentuk di sini.


- RAH / Real Action Heroes
Jenis figure ini memiliki size/ukuran yang cukup besar, kurang lebih sama seperti jenis figure Hot Toys (utk ini silahkan cari referensi di luar sendiri).
Artikulasi dan detail sangat bagus karena armor Rider seolah terlihat terbuat dari kain seperti kostum di filmnya,jadi jika ada pergerakan pada persendian seperti lutut atau siku akan terlihat lekukan-lekukan.\

Detail aksesoris pun juga sangat bagus karena didukung dengan ukurannya juga.


- MG Figurise
Jenis ini sebenarnya merupakan plamodel / model kit (seperti Gunpla) skala MG (Master Grade) untuk Kamen Rider. Tentu harus dirakit terlebih dahulu.
Rata-rata detail dan artikulasi cukup bagus (don't underestimate MG scale :p ).


- Sofubi
Jenis yang ini cukup sederhana, artikulasi yang bisa digerakkan biasanya hanya sebatas bahu,pinggang,dan kepala.


- HDM
Jenis yang ini bisa dibilang yang paling sederhana. Hanya seperti patung karakter yang bersangkutan saja.
Kebanyakan gak ada atau hanya sedikit parts yang bisa digerakkan.

-SIC
SIC (Super Imaginative Chogokin) kebetulan saya mengkoleksi SIC tersebut.SIC lbh besar ukurannya dr SHF (skala 1:10) dan bentuknya lbh "Sangar" / sedikit berbeda dr kamen rider aslinya (lebih imaginative).

Mungkin Untuk Tambahan Bisa Komen :)
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk pembelian biasanya banyak terdapat di online shop ataupun FJB (Forum Jual Beli), dan di toko figure terkenal di beberapa kota (seperti K*ds Stat**n, M*lti Toys,dsb) kadang ada yang jual (tidak semua).
Tapi jika susah mencarinya, agan bisa minta tolong pada orang di link ini :
https://www.facebook.com/hans.limatigatiga?ref=ts&fref=ts
Dia seller kepercayaan beberapa anggota (termasuk admin dsini) untuk bantu mencarikan figure yang ingin dicari (untuk kelanjutannya silahkan PM yang bersangkutan :3 ).

*Pastikan anda sudah menyiapkan dana yang cukup jika ingin membeli dari yang bersangkutan (terutama jika ingin membeli barang request). Bisa juga agan liat2 di albumnya kalau mau tau apa yang sedang ready.

Kalau mau cari sendiri bisa juga cek/survey ke online shop atau FJB,cuma berhati-hatilah terhadap penipuan di sana,apalagi kalau pertama kali belanja online. Sudah banyak kasus penipuan-penipuan yang terjadi mengenai transaksi pembelian figure ini (gak cuma utk figure KR).
Kalau menemukan target tapi merasa ragu dengan sellernya,bisa didiskusikan dengan orang-orang di sini baiknya seperti apa. Disarankan PM saja biar gak mengganggu post yang lain (berhubung masalah seperti ini baiknya dibahas secara tertutup/pribadi saja,gak usah secara umum :3 ).

 (Contoh Untuk SHF)
















(Contoh Untuk SIC)












 ( Contoh WAP )
 ( Contoh Untuk RAH )
 (Contoh Untuk MG Figurise)
 ( Contoh Untuk HDM )
















D.l.l :) Saya Repost Dari Group Kamen Rider Indonesia ( Jangkrik )

No comments: