7 April 2014

Trik Bikin Kostum Murah Ala Obake Cosplay Team (http://www.tnol.co.id/tips-trik/12770-bikin-kostum-murah-ala-obake-cosplay-team.html)

Trik Bikin Kostum Murah Ala Obake Cosplay Team

Written by Safari Sidakaton

Saturday, 18 February 2012

Obake Cosplay Team/ Foto-foto: Dok.Obake Cosplay Team/ Foto-foto: Dok.Dalam komunitas costume player (cosplay), tampil semirip mungkin dengan sang idola hasil adopsi dari game, manga, anime, dan film kartun merupakan dambaan. Demikian juga yang dilakukan oleh Obake Cosplay Team, yang mengidolakan Super Hero Kamen Rider.
Berbagai cara telah dilakukan oleh Obake, komunitas cosplay yang dibentuk pada tanggal 1 Januari 2012 ini untuk bisa tampil semirip mungkin dengan tokoh pahlawan dari Jepang tersebut. Diantaranya, adalah dengan menjahit sendiri kostum tersebut.
Namun, ketika desain kostum agak sulit, maka akan diserahkan kepada tukang jahit andalan mereka yang selama ini menjadi langganan.
Menurut Locsunio Putra, salah satu pendiri Obake Cosplay Team untuk membuat busana Kamen Rider ada beberapa tahapan. Yang pertama harus dipersiapkan adalah model patung manekin sebagai patokan sketch. Setelah itu, membentuk sisi depan terlebih dahulu.
Adapun alat-alat  yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah gunting, cutter, lem korea, velcro atau resleting yang digunakan sebagai penyambung kostum dan gambar chara yang hendak di cosplay-kan. Alat-alat tersebut harus tersedia. Jika tidak, maka harapan membuat baju cosplay tidak akan terlaksana alias akan berantakan.
Obake 'in action'Obake 'in action'"Setelah kedua sisi tersebut dibuat, maka disambung sisi depan dan belakang," ujar Locsunio Putra kepada TNOL.
Jika sisi depan dan belakang telah disatukan, agar tampak menarik maka ditambah detail-detail pada kostumnya. Namun, jika ragu untuk melakukannya sendiri, maka jangan malu-malu untuk minta bantuan kepada  orang yang lebih ahli. Dari minta bantuan tersebut juga akan menambah ilmu atau pengetahuan bagaimana cara membuat baju cosplay yang baik.
"Kalau nggak ada waktu buat bikin itu, bisa dipercayakan pada tukang jahit yang bisa membuat desain chara. Practice makes it perfect. Jadi, makin banyak latihan dan minta saran atau masukan makin bagus hasilnya, ingat malu bertanya nanti malah berantakan hasilnya," jelasnya.
Sebagai komunitas yang mengadopsi berbagai bentuk tokoh manga dan film kartun, maka ada kendala dan kesulitan ketika membuat baju cosplay. Diantarnya adalah anggaran biaya yang bisa saja membengkak. Bagi yang sudah berpengalaman, maka bisa meminimalisir biaya.
Locsunio PutraLocsunio PutraNamun bagi pecinta cosplay pendatang baru bisa mengalami pengeluaran anggaran yang tidak terduga alias 'tekor', mengingat harga-harga dari tiap busana cosplay dan pirantinya sangat mahal.
"Cara mengatasinya, minta saran dan pendapat kepada yang sudah ahli," tegasnya.
Membuat baju cosplay sangat menyita waktu dan energi serta stamina. Apalagi saat membuat kostum tersebut bisa lupa waktu dan begadang. Hal tersebut karena harus memperhatikan penempatan detail-detail atau piranti pada kostum agar terlihat sempurna.
"Cara mengatasinya, organisasi waktu sebaik mungkin. Pasang deadline agar tidak berlarut-larut," paparnya.
Namun, jika hasil dari pekerjaan tersebut  tidak memuaskan, sementara telah meluangkan banyak waktu dan anggaran besar, maka jangan sekali-kali menyerah. Jangan bosan-bosan meminta kritikan dari berbagai pihak agar suatu saat nanti bisa menghasilkan karya yang lebih baik dan bagus kembali.
"Jangan menyerah! Ingat semakin banyak berlatih akan mengeluarkan karya yang perfect dan membanggakan. Jadi selalu minta kritik dan saran dari teman-teman, apa saja yang kurang sehingga bisa menghasilkan karya yang maksimal," tandasnya. (Sbh)

No comments: